Sebelum masuk Chapter (Bab) baru, ada baiknya guru dan siswa membaca dengan cermat apa yang menjadi tujuan pokok mempelajari bab ini. Kita bisa baca tujuan tersebut di dalam kotak berwarna pink di buku paket bahasa Inggris halaman 108 seperti pada gambar di atas.
Inti dari teks yang tertulis dalam tujuan pembelajaran adalah:
1. Pada chapter 8 ini kita akan mempelajari tentang recount text (teks penglaman pribadi).
2. Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi:
Fungsi sosial: Penggunaan recount text dalam kehidupan sehari-hari.Struktur teks: Bagian-bagian dalam struktur paragraf.Unsur kebahasaan: Tenses yang dipakai dalam recount text.
3. Setelah bisa mengidentifikasi, tentu saja siswa harus bisa menjelaskan isi teks yang terkandung dalam sebuah recount text dengan tidak melupakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya. Kemampuan menjelaskan merupakan salah satu indikator bahwa siswa yang bersangkutan sudah memahami apa yang dipelajari.
4. Yang terakhir, siswa harus bisa membuat recount text dari pengalaman pribadi masing-masing dalam bahasa Inggris. Lalu menceritakannya di depan kelas.
Setelah memahami tujuan pembelajaran di atas, selanjutnya kita akan melakukan sedikit pemanasan sebelum sampai ke materi recount text. Pemanasan ini bisa berupa diskusi tentang sebuah gambar dan latihan vocabulary yang nantinya berguna saat membahas recount text karena masih berkaitan erat dengan kosa kata yang akan dipakai.
Warmer
Alat PemanasBagian ini dimaksudkan untuk menyiapkan siswa dalam mempelajari teks recount. Oleh karena itu, diskusi tentang figur yang ada dalam gambar diarahkan pada hal-hal yang sudah dilakukan oleh figur tersebut dalam meraih kesuksesan.
Look at the pictures below. Do you know these people? What are they famous for? Discuss with your classmates!
Lihatlah gambar-gambar di bawah ini. Apakah Anda mengenal orang-orang ini? Apa yang mereka terkenal? Diskusikan dengan teman sekelas Anda!
POINTS TO PONDER
Karena bagian warmer ini soal diskusi, jadi saya tidak memberikan jawabannya. Sebab setiap orang pasti memiliki pendapat dan cara pandang masing-masing tentang seorang figur.
Selanjutnya kita masuk ke latihan berikutnya saja.
Hal yang harus direnungkanWhat makes those people successful?
Apa yang membuat mereka (orang tersebut) sukses?What characters do those people have in common?
Karakter seperti apa yang biasanya dimiliki oleh orang seperti mereka?
Karena bagian warmer ini soal diskusi, jadi saya tidak memberikan jawabannya. Sebab setiap orang pasti memiliki pendapat dan cara pandang masing-masing tentang seorang figur.
Vocabulary Builder
Pembangun Kosa Kata (Tujuan tugas ini di berikan ke siswa adalah untuk menambah wawasan akan kosa kata baru dalam ingatan mereka. Sehingga di harapkan semakin banyak kosa kata bahasa Inggris yang akan di kuasai terutama berhubungan dengan pokok bahasan pada Bab 8 ini)
Match the words in the left column with the synonyms on the right column. Then, compare your work to your classmates.
Cocokkan kata-kata di kolom kiri dengan sinonim di kolom kanan. Kemudian, bandingkan pekerjaan kamu dengan teman sekelas kamu.
1. hit by lightning | surprised (terkejut) |
2. a meet-and-greet event | fan meeting (pertemuan bersama penggemar) |
3. excited | very happy (sangat senang) |
4. lobby | waiting room (ruang tunggu) |
5. memorabilia | merchandise (oleh-oleh/barang dagang) |
6. showed up | come or arrive (muncul/datang) |
7. waved | move (pindah) |
8. crowd | a lot of people (banyak orang) |
9. sang along | sing together (menyanyi bersama) |
10. autograph | signature (tanda tangan) |
11. speechless | can’t say a word (tidak bisa berkata-kata) |
12. unreal | unbelievable (tidak bisa dipercaya) |
13. cool/awesome | great (keren/menakjubkan) |
14. friendly | get along (ramah) |
15. nervous | anxious (grogi/canggung/kaku) |
16. amazing | wonderful (hebat) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar