RINGKASAN
1. Berasal dari bahasa perancis kuno, Menagement yang berati seni melaksnakan dan mengatur
2. Menurut Stephen P Robbins
Manajemen adalah proses mengkoordinasi dan mengintegrasi pakerjaaan agar dapat diselesaikan secara efektif dan efisien dengan dan melalui orang lain
3. Tiga hal penting dalam manajemen :
a. Proses : Menggambarkan fungsi fungsi yang berjalan dengan terus menerus dan dikerjakan oleh para menejer seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengawasan
b. Efisiensi : berati menghasilkan produksi lebih banyak dengan jumlah input tertentu
c. Efektivitas : Diartikan sebagai melakukan sesuatu dengan cara cara yang tepat
4. Manajer
Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengkoordinasikan kegiatan kegiatan merekaa guna mencapai sasaran organisasi
a. Ketrampilan Manajer
ü Ketrampilan teknik
Ketrampilan teknik mencangkup pengetahuan dan keahlian di bidang tertentu seperti akuntansi, keuangan, komputer
ü Ketrampilan Manusiawi
Adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan baik dengan orang lain secara perorangan maupun kelompok
ü Ketrampilan Konseptual
Adalah kemampuan manajer dalam berpikir dan menggagas keadaan keadaan abstrak
Menurut Rickey W Griffin Menambahkan ketrampilan dasar yang harus dimiliki menejer:
ü Ketrampilan manajemen Waktu
Ketrampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana
ü Ketrampilan membuat keputusan
Kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya
b. Tingkatan Manejer
1) Manajer Lini pertama
- Menejer tingkatan yang paling Rendah
- Tugas : Memimpin dan mengawasi karyawan mon manajerial yang terlibat dalam proses produksi
- Contoh : Manajer Operasional, Manajer Area, Manajer Kantor, Manajer departemen
2) Manajer Tingkat Menengah
- Mencangkup antara manajer lini pertama dan manajer puncak sebagai penghubung diantara keduanya.
- Contoh : Manajer pabrik, manajer pabrik, manajer devisi, manajer proyek.
3) Manajer Puncak
-Bertugas merencanakan kegiatan dan stategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan
c. Unsur Manajemen
· Man (orang, manusia)
· Uang
· Materi/ Bahan
· Mesin
· Metode
· Pasar
d. Teori Manajemen
Teori manajemen adalah teori yang membahas dan mempelajari ilmu manajemen.
1. Manajemen Ilmiah
a. Pertama kali dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor dalam buku Principles Of Scientific management tahun 1911.
b. Manajemen ilmiah adalah penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
2. Teori Administrasi Umum
- Yaitu teori umum mengenai apa yang dilakukan oleh menejer dan bagaimana cara membentuk praktik menejemen yang baik.
- Teori ini datang dari sosiolog Jerman Max Weber dengan konsep birokrasi dan industrialis Perancis Henry Fayol dengan prinsip menejemennya
3. Pendekatan Kuantitatif
• Yaitu penggunaan sejumlah teknik kuantitatif seperti statistik model optimatis, model informasi atau simulasi komputer untuk membantu menejemen dalam mengambil keputusan
Contoh :
• Analisis jalur krisis untuk membuat penjadwalan kerja yang lebih efisien
4. Kajian Hawthorne
- Yaitu serangkaian kajian yang dilakukan pada tahun 1920-an hingga 1930-an.
- Pada awalnya kajian ini bertujuan mempelajari pengaruh berbagai macam tingkat penerangan lampu terhadap produktivitas kerja. Lokasinya di Western Electric CompanyWorks di Illinois
-
e. Prinsip Manajemen
1. Pembagian Kerja
2. Wewenang dan tanggung Jawab
3. Disiplin
4. Kesatuaan Perintah
5. Kesatuan Pengarahan
6. Penggajian Kariyawan
7. Pemusatan
8. Dll
f. Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses menejemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi
1 ) Perencanaan
Perencanaan adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki.
Untuk mencapai misi perusahaan diperlukan rencana rencana berikut :
ü Rencana Taktis
Adalah Rencana berskala lebih kecil dan berjangka waktu satu atau dua tahun yang konsisten dengan rencana strategis
ü Rencana Operasional
Adalah metode atau cara cara yang dilakukan untuk melaksanakan rencana taktis
ü Rencana Darurat
Adalah rencana Alternatif yang dikembangkan untuk menghadapi berbagai kondisi yang mungkin saja terjadi
2 ) Pengorganisasian
Adalah Pengaturan Sumber daya perusahaan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lain, secara konsisten sesuai sasaran perusahaan yang telah ditetapkan melalui fungsi perencanaan.
Tujuan Pengorganisasian :
1. Membagi bagi tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan masing masing jabatan
2. Mengkoordinasikan berbagai tugas dalam organisasi
3. Mengelompokkan pekerjaan pekerjaan kedalam unit unit
4. Menetapkan garis garis wewenang formal
· Struktur Organisasi Garis
Adalah bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan dan bawahan
· Struktur Organisasi Fungsional
Adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjkan kepada pelaksana yang memiliki keahlian khusus.
· Struktur Organisasi Garis dan Staf
Adalah perpaduan antara struktur organisasi garis dan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staf
3) Pengarahan
Adalah kegiatan yang khususnya ditujukan untuk mengarahkan bawahan agar mau bekerja secara efktif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan organisasi .
a. Pengarahan
b. Perintah
-Komunikasi
-Motivasi.
4) Koordinasi
Berfungsi untuk menciptakan suatu komunikasi dan kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan sehingga tujuan organisasidapat dicapai dengan baik.
5) Pengawasan
Pengawasan dilakukan untuk melihat apakah rencana dilaksanakann sesuai dengan tujuan.
BIDANG BIDANG MANEJEMEN
1. Manajemen Produksi
a. Pengertian
Manajemen produksi adalah bagian dari manajemen yang berhubungan dengan pembuatan barang dan jasa yang pelaksanaanya mmenggunakan SDM, material atau bahan, modal atau uang, mesin atau peralatan, serta kewirausahaan yang akan mengkoordinasikan keempat faktor lainya.
b. Tujuan
Tujuan untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa
2. Manajemen Keuangan
a. Pengertian
bagian dari manajemen yang berhubungan dengan fungsi – fungsi keuangan, meliputi bagaimana memperoleh dana dan bagaimna menggunakan dana tersebut. Untuk memperoleh dana, manajer keuangan bisa memperolehnya dari dalam maupun luar perusahaan. Sumber dana dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, bisa berbentuk pasar modal, utang, atau modal sendiri.
b. Tugas
Tugasnya ialah merencanakan untuk memaksimumkan perusahaan.
Tugas penting yang harus dilakukan manajer keuangan :
1). Bekerja sama dengan manajer lain dan bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
2). Memusatkan perhatian pada beerbagai keputusan investasi dan pembiayaan.
3). Bekerja sama dengan manajer diperusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.
4). Mampu menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan.
3 . Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.
4 . Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan. Titik berat diletakkan pada penawaran perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut serta menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong, serta melayani pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar